Pemprov Kembali Salurkan Bantuan bagi Para Nelayan

Jumat, 18 Juli 20140 komentar

PADANG – Pemerintah provinsi Sumbar, kembali menyalurkan bantuan bagi para nelayan di kawasan Pesisir Selatan. Bantuan berupa peralatan perikanan yang diberikan pada nelayan khusus bagi yang belum pernah menerima bantuan.


“Kami berharap, nelayan bisa menjaga dan merawat bantuan ini. Sebab, bantuan ini diberikan hanya sekali dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan,” terang Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, disela-sela kunjungan Tim Safari Ramadhan ke Kabupaten Pesisir Selatan, Rabu (16/7).

Hadir dalan kesempatan itu Bupati Nasrul Abit, anggota DPRD Sumbar Saidal Masfiuddin, Kadis Perikanan Ir. Yosmeri, Kadis Sosial, Kabiro Umum, Kabiro Humas, Kabiro Binsos, beberapa kepala SKPD di lingkungan Pemkab Pessel.

Menurut gubernur, penyerahkan bantuan peralatan perikanan dan lain-lain itu, merupakan suatu dukungan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan yang ada di pesisir pantai Sumbar.
Bantuan yang disalurkan masuk dalam program Gepemp (Gerakan Pensejahteraan Rakyat Pesisir) di Sumatera Barat. Bantuan itu diperuntukkan bagi 5.680 KK miskin di tujuh kabupaten/kota. Masing-masing bantuan juga didukung Kementrian Kelautan Perikanan RI melalui APBN.

“Target kami pertahun sebanyak 1.400 KK tidak mampu. Dengan bantuan ini, diharapkan mampu memberdayakan ekonomi masyarakat pesisir. Bantuannya ada berupa modal dan alat tangkap. Sifat bantuan stimulan, sebagai rangsangan untuk memotivasi nelayan agar meningkatkan kesejahteraan hidupnya dari tahun ke tahun,” sebut gubernur.

Program Gepemp juga dipadukan dengan memperhatikan sektor pendidikan, kesehatan, dan manajemen penataan ekonomi masyarakat.

Bupati Nasrul Abit menyampaikan ucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan pemerintah provinsi tersebut.

Bupati Nasrul Abit juga menekankan agar para nelayan dapat menjaga kelestarian laut dengan baik dan tidak melakukan kegiatan meracun dan kegiatan yang merusak terumbu karang.

Bantuan yang diserahkan berupa mesin temple 7 buah, long tail 135 buah, GPS 10 buah, gill net 59 buah, ice causer 4 buah, fish box 1 ton 10 buah, induk ikan nila 3.200 Kg, induk ikan lele 100 Kg. Pelet makanan ikan 1.200 KG, sepeda motor pemasaran ikan 1 unit, benih Ikan 40.000 ekor, penanaman bakau 1.300 batang, terumbu karang 1.500 sport dan kapal pompong 5 buah. Total bantuan senilai Rp2,3 miliar. (107)

Sumber: Singgalang 18 Juli 2014 
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2014-2016. Warta Lubeg - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger - E-mail: wartalubeg1@telkomsel.blackberry.com - PIN BB 25C29786