Akses Keuangan

Minggu, 20 September 20150 komentar

Tahukah Anda, bahwa dari seluruh penduduk Indonesia, hanya 57 persen yang sudah menggunakan jasa perbankan. Bahkan, untuk pasar modal, tidak lebih dari 0,11 persen. Asuransi sekitar 12 persen, dana pensiun 1,5 persen, dan pegadaian sekitar 5 persen. Apa arti semua itu? Sederhana saja. Meski negara kita sudah merdeka puluhan tahun, belum seluruh penduduk mendapatkan akses keuangan.

Laku Pandai

Nah, untuk memperluas akses tersebut, Otoritas Jasa Keuangan telah memperkenalkan program Laku Pandai atau layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif. Atau diartikan sebagai program penyediaan pelayanan perbankan dan layanan keuangan lain melalui kerja sama dengan pihak lain yang disebut agen bank, dengan menggunakan perangkat teknologi. Tujuan dari program ini adalah untuk menyediakan produk-produk keuangan sederhana, yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Paling tidak ada tiga jenis program yang dihela oleh agen Laku Pandai, yakni tabungan, pembiayaan mikro, dan layanan asuransi mikro. Apa hubungan program Laku Pandai itu dengan Anda? Mari kita bahas.

Bagi Anda yang tinggal di perkotaan, jika ingin menyimpan uang dalam bentuk deposito ataupun menabung, cukup pergi ke bank. Bahkan jika hanya untuk menabung, sudah banyak ATM yang bisa menerima setoran uang. Ingin mentransfer uang juga bisa menggunakan ATM. Atau bagi kalangan yang lebih modern, transfer atau pembayaran bisa dilakukan melalui internet banking ataupun phone banking.

Namun, tidak demikian dengan masyarakat yang tinggal di pedesaan atau pinggir kota. Akses mereka terhadap perbankan relatif minim. Dampak keterbatasan akses keuangan itu adalah sulit untuk mendapatkan modal jika ingin berusaha. Transaksi juga menjadi lebih lamban karena pembayaran dilakukan secara tunai. Lebih dari itu, perdagangan juga menjadi terbatas. Transaksi yang tidak bertatap muka menjadi sulit dilakukan.

Nah, program Laku Pandai adalah memberikan layanan perbankan melalui agen-agen yang pada dasarnya bukan bank. Bisa koperasi, warung, atau apa pun yang kesehariannya melakukan kegiatan ekonomi perdagangan dan berhubungan dengan masyarakat luas. Jadi, keperluan untuk transaksi keuangan bisa menggunakan agen perbankan tersebut.

Lalu, apa hubungannya dengan Anda semua? Paling tidak ada dua hal. Pertama, jika Anda berdomisili di daerah yang selama ini sulit atau belum terjangkau perbankan, saat ini Anda dengan mudah bisa melakukan transaksi keuangan melalui perbankan. Tentu dengan kemudahan tersebut, pada gilirannya akan sangat membantu aktivitas keseharian Anda. Apakah itu akses untuk mendapatkan pinjaman, menyimpan dana, atau sekadar menerima atau mengirim uang kepada sanak saudara di tempat lain.

Kedua, Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk menjadi agen Laku Pandai di daerah Anda. Jika selama ini Anda sudah melakukan kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat melalui kegiatan perdagangan, baik itu kegiatan perorangan maupun memiliki badan hukum, Anda bisa bekerja sama dengan bank penyelenggara Laku Pandai. Dari kegiatan ini, Anda akan mendapatkan fee, tergantung dari seberapa banyak transaksi yang dilakukan melalui usaha Anda sebagai agen Laku Pandai.

Karakteristik produk

Pertanyaannya, jika Anda sebagai pengguna Laku Pandai, apa saja karakteristik produk yang bisa digunakan? Perihal tabungan, yang disediakan oleh Laku Pandai hanya tabungan dasar, yaitu jika dilakukan setor tunai, tidak ada pembatasan minimum. Jadi, berapa pun boleh. Namun, saldo maksimum dari si penabung tidak boleh lebih dari Rp 20 juta. Lalu transaksi kumulatif, selama sebulan maksimum hanya Rp 5 juta. Kemudian tidak ada biaya administrasi, baik untuk pembukaan maupun penutupan rekening.

Saldo maksimum dan akumulasi transaksi dibatasi karena jenis tabungan tersebut adalah tabungan dasar (basic saving account). Jadi, memang bukan buat penabung berskala besar. Selain itu, tentu saja untuk mencegah jangan sampai tabungan tersebut menjadi ajang "pencucian uang" dan lain sebagainya.

Laku Pandai juga menyediakan kredit/pembiayaan kepada nasabah mikro. Namun, pembiayaan ini hanya bisa diberikan kepada nasabah yang sudah menabung selama enam bulan. Jika kurang dari enam bulan, kredit bisa juga diberikan sepanjang kegiatannya untuk ekonomi produktif atau kegiatan lain yang mendukung keuangan inklusif. Tidak ada batasan jumlah maksimum kredit yang diberikan asalkan masih masuk dalam kategori pembiayaan mikro.

Program Laku Pandai juga bisa memberikan asuransi mikro, yakni proteksi kepada masyarakat berpenghasilan rendah dengan premi yang sangat ringan. Beberapa jenis asuransinya adalah asuransi kebakaran, asuransi gempa bumi, dan bahkan asuransi kecelakaan.

Bagaimana jika Anda malah ingin menjadi agen Laku Pandai? Syaratnya hanyalah memiliki kemampuan, kredibilitas, reputasi, dan integritas. Selain itu, agen Laku Pandai memang telah memiliki kegiatan di lokasi sebagai pendapatan utama. Sementara bagi yang berbadan hukum, persyaratan lain adalah memiliki kegiatan usaha di lokasi dan memiliki teknologi informasi yang memadai serta lupus tes uji tuntas oleh bank penyelenggara.

Lantas apakah ada perbedaan pelayanan antara bank dan agen Laku Pandai? Kecuali dalam hal produk sebagaimana dipaparkan di atas, dalam hal lain relatif tidak jauh berbeda. Agen Laku Pandai bisa mentransfer dana Anda secara real timeonline dengan menggunakan perangkat teknologi, seperti telepon seluler, komputer, atau internet banking, tergantung dari perjanjian kerja sama dengan pihak perbankan. Nasabah juga bisa menggunakan kartu, buku tabungan dan bahkan bukti transaksi saja. Konkretnya, Laku Pandai bisa menjalankan peran bank di mana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja.
Selamat menikmati akses keuangan melalui agen Laku Pandai.

Elvyn G. Masassya

Sumber: Kompas, 20 September 2015
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2014-2016. Warta Lubeg - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger - E-mail: wartalubeg1@telkomsel.blackberry.com - PIN BB 25C29786