Pemprov Sumbar Serius Bangun Sektor Pertanian

Jumat, 22 Agustus 20140 komentar

Tajuk.co PADANG – Alokasi anggaran untuk bidang pertanian di Sumatera Barat mendekati delapan persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Hal itu menunjukkan Pemprov Sumbar menaruh perhatian serius terhadap masalah pertanian.

“Dari persentase ini lebih besar dibanding provinsi lain. Ini sekaligus menunjukkan keseriusan dan fokus Pemprov Sumbar dalam membangun bidang pertanian,” kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat memberikan sambutan pada acara pembukaan Rapat Kerja Nasional Ikatan Mahasiswa Muslim Pertanian Indonesia (IMPPERTI), Kamis (21/8) di Universitas Andalas, Padang.

APBD Sumbar tahun 2014 mencapai Rp 3,722 triliun, dengan demikian anggaran bidang pertanian mencapai lebih kurang Rp 300 miliar tahun ini.

Lebih lanjut Irwan mengemukakan, keseriusan Pemprov Sumbar membangun sektor pertanian karena sebagian besar masyarakat Sumbar adalah petani. Pertanian juga ikut menggerakan perekonomian Sumbar.
“Lebih dari 60 persen masyarakat Sumbar adalah petani,” terang Irwan.

Menurut Irwan, produk domestik regional brutto (PDRB) pertanian di Sumbar juga cukup tinggi, mencapai 24 persen.

“Secara bertahap pembangunan sektor pertanian di Sumbar, yang on farm (di lapangan) maupun industri juga terus ditingkatkan, baik produksi maupun kemasannya,” imbuh Irwan.

Karenanya menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN, produk-produk pertanian asal Sumbar siap bersaing dengan produk-produk dari luar.

tajuk.co 22 Agustus 2014

Sumber: irwan-prayitno.com
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2014-2016. Warta Lubeg - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger - E-mail: wartalubeg1@telkomsel.blackberry.com - PIN BB 25C29786