PKS: Koalisi Harus Siap Beroposisi Saat Kalah

Senin, 28 April 20140 komentar

JAKARTA, KOMPAS — Partai Keadilan Sejahtera masih terbuka untuk bekerja sama dengan partai yang bersedia. Namun, PKS menghendaki koalisi yang dibangun nanti lebih permanen, baik pada saat memenangi pemilu presiden maupun saat kalah.
  ”Kami masih terbuka dan siap berkoalisi dengan pihak yang mau berkomunikasi dengan kami. Kami ingin koalisi yang tidak hanya untuk menang, tetapi juga ketika tidak sukses dalam pemilu presiden, kami ingin tetap menjadi koalisi sebagai oposisi di luar pemerintahan,” kata anggota Majelis Syuro DPP PKS, Mohamad Sohibul Iman, di Jakarta, Minggu (27/4) malam.

Hingga berita ini diturunkan, Majelis Syuro DPP PKS masih menggelar rapat untuk menentukan arah koalisi dalam menghadapi Pemilu Presiden 2014. PKS juga menginginkan format koalisi yang lebih baik dibandingkan dengan pengalaman 10 tahun belakangan ini.

Menurut Sohibul Iman, Sekretariat Gabungan dalam koalisi pada masa lalu seakan hanya menjadi alat stempel kebijakan pemerintah. Ketika partai politik sebagai anggota koalisi mendapat jatah menteri, seolah proses sudah selesai sehingga kadang tidak dilibatkan dalam mengambil keputusan strategis. Pola koalisi demikian harus diperbaiki pada masa datang.

Rapat Majelis Syuro DPP PKS di kantor pusat partai di Jalan Simatupang, Jakarta Selatan, itu digelar sejak sekitar pukul 09.30 WIB. Isi pertemuan antara lain mendengarkan laporan hasil pemilu legislatif, berkomunikasi soal koalisi dengan beberapa calon presiden dari partai lain, serta mengkaji kemungkinan koalisi dengan partai-partai tersebut.

Gerindra kirim surat
Menurut Mohamad Sohibul Iman, sejauh ini, Partai Gerindra telah mengirimkan surat serta buku platform partai. Sementara itu, Partai Golkar baru mengirimkan buku program kerja.

Secara terpisah, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, capres dari Partai Gerindra Prabowo Subianto sudah bertemu dan berbicara dengan Ketua Majelis Syuro DPP PKS KH Hilmi Aminuddin.

Hasilnya, kedua partai mulai menemukan kesamaan pandangan terkait solusi beberapa masalah bangsa ke depan.

Gerindra juga telah mengirimkan surat ke PKS. ”Surat itu penguatan dari yang sudah dibicarakan,” katanya. (IAM)

Sumber: Kompas 28 April 2014
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2014-2016. Warta Lubeg - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger - E-mail: wartalubeg1@telkomsel.blackberry.com - PIN BB 25C29786